Judul Skripsi : Efektivitas
Pendekatan Quantum Learning Terhadap
Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD
Quantum Learning adalah
seperangkat metode dan falsafah belajar yang terbukti efektif di sekolah dan
bisnis untuk semua tipe orang dan segala usia”. (De Porter dan Hernacki, 2000: 15). Quantum
Learning pertama kali digunakan di Supercamp.
Di Supercamp ini menggabungkan rasa
percaya diri, keterampilan belajar, dan keterampilan berkomunikasi dalam
lingkungan yang menyenangkan.
Quantum Learning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov, seorang
pendidik yang berkebangasaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang
disebut sebagai “Suggestology” atau “Suggestopedia”. Prinsipnya
adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan
setiap detail apa pun memberikan sugesti positif ataupun negatif.
ABSTRAK
......... 2010. Efektivitas
Pendekatan Quantum Learning Terhadap
Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres Batangkaluku Kabupaten
Gowa.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan
pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres Batangkaluku Kabupaten Gowa?. Sedangkan
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan
pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V
di SD Inpres Batangkaluku Kabupaten Gowa
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan fokus
pebelitian adalah murid kelas kelas V di SD Inpres Batangkaluku Kabupaten
Gowa sebanyak 31 orang.
Pengumpulan data dengan teknik Tes,
observasi, dan wawancara,
sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dan sesudah
pengumpulan data.
Analisis
data dilakukan dengan membandingkan hasil pengamatan, wawancara dengan
indikator-indikator pada tahap refleksi dari siklus penelitian. Data yang
terkumpul disetting ke dalam penelitian kualitatif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode quantum learning meningkatkan hasil belajar murid dalam
pembelajaran IPS bagi siswa kelas V di SD Inpres Batangkaluku Kabupaten
Gowa, hasil penelitian menujukkan
bahwa nilai pembelajaran IPS
mengalami peningkatan dari pelaksanaan siklus I ke siklus II
Untuk mendownload atau melihat skripsi lengkap dalam bentuk word silahkan klik link di bawah ini .
Bab 1
Bab_2
Bab 3
Bab 4
Bab 5
Daftar Isi
halaman_depan
Lampiran 1-14
Silahkan sedotttttt gratis
0 komentar:
Posting Komentar