Judul Skripsi :
Peningkatan
prestasi belajar IPS pada konsep perkembangan teknologi transportasi melalui
penggunaan alat media gambar pada siswa kelas IV SDI
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah suatu
disiplin ilmu yang membahas tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan
sesamanya. Proses
sosial merupakan aspek dinamis dari kehidupan masyarakat yang di dalamnya
terdapat sesuatu proses hubungan antara manusia yang satu dengan yang lainnya
Hakikat IPS adalah telaah tentang manusia dan
dunianya. Manusia sebagai makhluk sosial selalu hidup bersama dengan sesamanya.
Dalam kehidupannya, manusia harus menghadapi tantangan-tantangan yang berasal
dari lingkungannya maupun dari akibat hidup bersama (Nasir Hamdat, 1991:5)
Istilah media berasal dari bahasa Latin yaitu
bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiyah
berarti perantara atau pengantar. Dalam bahasa arab, media adalah perantara,
pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
Makna
umumnya adalah “segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber
kepada penerima informasi” (Solihatin, 2005:22)Dibawah ini beberapa pengertian
media gambar menurut para ahli, diantaranya:
Media gambar
adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual kedalam bentuk dua dimensi
sebagai curahan ataupun pikiran yang bermacam-macam seperti lukisan, potret,
slide, film strip, proyektor. (Hamalik, 1994 : 95)
Prestasi
dapat berarti hasil yang dicapai setelah selesai suatu kegiatan
dikerjakan. Marguis (dalam Jupri, 1991: 29) berpendapat bahwa: “prestasi adalah
kecakapan yang dapat diukur dengan suatu alat dalam hal ini adalah tes”.
ABSTRAK
........... Peningkatan
prestasi belajar IPS pada konsep perkembangan teknologi transportasi melalui
penggunaan alat media gambar pada siswa kelas IV SDI .. .......................
Masalah
dalam penelitian ini apakah penggunaan media gambar dalam pembelajaran
IPS pada konsep perkembangan teknologi transportasi dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa dan terdapat 8 siswa dari 40 siswa yang
hasil belajarnya sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa. Manfaat dari penelitian ini terdiri atas manfaat teoretis dan manfaat
praktis. Adapun manfaat teoretis antara lain bagi
akademi/lembaga pendidikan, menjadi bahan informasi dan kajian dalam
pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang pendidikan dan pengajaran pada
tingkat sekolah dasar. Manfaat praktisnya adalah bagi guru, sebagai masukan
dalam kegiatan pembelajaran dalam menggunakan media gambar dalam mata pelajaran
IPS di sekolah dasar. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Penggunaan alat/media gambar dalam
pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDI Ritaya
Kabupaten Gowa”. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas sebanyak dua siklus. Subyek penelitian sebanyak 40 orang siswa.
Pengumpulan data dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik
analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif. Prosedur
penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana pada setiap
siklus dilaksanakan pertemuan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama
dan kedua diisi dengan pembelajaran dan pada pertemuan ketiga diisi dengan
pemberian tes hasil belajar. Pembelajaran dilaksanakan baik secara klasikal
maupun secara berkelompok. Tema yang diangkat pada penelitian ini adalah
teknologi transportasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus pertama,
hasil belajar siswa secara kualitatif dalam kategori cukup dan secara
kuantitatif diperoleh nilai rata-rata kelas 70,5.
Kemudian pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik secara
kualitatif dan secara kuantitatif rata-rata kelas menjadi 78,75, berarti
mengalami peningkatan sebesar 8,25%. Hal ini membuktikan bahwa terdapat
peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan alat media gambar pada siswa
kelas IV SD Inpres Ritaya.
Untuk
melihat selengkapnya donwload pada link di bawah ini :
Bab 1
Bab 2
Bab 3
Bab 4
Bab 5
Depannya
Lampiran-lampiran
silahkan
disedot gan
jangan lupa
komentnya
0 komentar:
Posting Komentar