Rabu, 15 Mei 2013


Judul Skripsi : Peningkatan Hasil Belajar Murid Pada Pembelajaran IPA Untuk Topik Pengenalan Struktur Tumbuhan Melalui Pendekatan  Keterampilan Proses Pada Murid Kelas IV SD



Pendekatan keterampilan proses dapat diartikan sebagai wawasan pengembangan keterampilan intelektual, sosial dan fisik yang bersumber dari kemampuan-kemampuan mendasar yang pada prinsipnya telah ada dalam dirimurid(Depdikbud, 1986). 

Carin dan Sund (Slamet Prawiharono, 1993) mendefinisikan IPA  sebagai  “pengetahuan yang sistematis dan tersusun secara teratur, berlaku umum (universal), dan berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen”.
 
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungannya yang ditandai dengan terjadinya serangkaian pengalaman-pengalaman belajar.
Menurut Gagne (Dimyati, 2006:10) belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengelohan informasi, menjadi kapabilitas baru, melalui kegiatan yang kompleks, dan terdiri dari tiga komponen penting yaitu kondisi eksternal, kondisi internal dan hasil belajar. Sehingga setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai.


 

ABSTRAK
..................Peningkatan Hasil Belajar Murid Pada Pembelajaran IPA Untuk Topik Pengenalan Struktur Tumbuhan Melalui Pendekatan  Keterampilan Proses Pada Murid Kelas IV SD ....................

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pengenalan struktur tumbuhan melalui pendekatan  keterampilan proses pada murid kelas IV SDN No.73 Sinjai Barat Kabupaten Sinjai Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian adalah murid kelas IV SDN No.73 Sinjai Barat Kabupaten Sinjai sebanyak 23 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan pemberian tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pengamatan, pemberian tugas dengan indikator-indikator pada tahap refleksi dari siklus penelitian. Data yang terkumpul disetting ke dalam penelitian kualitatif.
Hasil yang diperoleh murid kelas IV SDN No.73 Sinjai Barat Kabupaten Sinjai secara umum mengalami peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan memperhatikan aspek-aspek yaitu: (a) meningkatnya hasil pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses, (b) pemahaman tentang pendekatan keterampilan proses meningkat, sedangkan untuk guru yaitu (a) membiasakan untuk selalu menggunakan pendekatan dalam memberikan materi pelajaran,  (b) melatih murid untuk aktif dalam belajar.



Bab 1
Bab 2
Bab 3
Bab 4
Bab 5
Depannya
Lampiran-lampiran



silahkan disedot gan jangan lupa coment

0 komentar:

Posting Komentar