Judul Skripsi : Peningkatan Hasil Belajar Murid Pada Pembelajaran IPA Untuk Topik Pengenalan Struktur Tumbuhan Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Murid Kelas IV SD
Pendekatan keterampilan proses
dapat diartikan sebagai wawasan pengembangan keterampilan intelektual, sosial
dan fisik yang bersumber dari kemampuan-kemampuan mendasar yang pada prinsipnya
telah ada dalam dirimurid(Depdikbud, 1986).
Carin dan Sund (Slamet Prawiharono, 1993) mendefinisikan IPA sebagai “pengetahuan yang sistematis dan
tersusun secara teratur, berlaku umum (universal), dan berupa kumpulan data
hasil observasi dan eksperimen”.
Belajar adalah suatu proses
perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungannya yang
ditandai dengan terjadinya serangkaian pengalaman-pengalaman belajar.
Menurut Gagne (Dimyati,
2006:10) belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat
stimulasi lingkungan, melewati pengelohan informasi, menjadi kapabilitas baru,
melalui kegiatan yang kompleks, dan terdiri dari tiga komponen penting yaitu
kondisi eksternal, kondisi internal dan hasil belajar. Sehingga setelah belajar
orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai.
ABSTRAK
..................Peningkatan Hasil Belajar Murid Pada Pembelajaran IPA Untuk Topik Pengenalan
Struktur Tumbuhan Melalui
Pendekatan Keterampilan Proses
Pada Murid Kelas IV SD ....................
Masalah dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan hasil
belajar pengenalan struktur tumbuhan melalui pendekatan keterampilan proses pada murid kelas IV SDN No.73 Sinjai Barat
Kabupaten Sinjai Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian adalah murid kelas IV
SDN No.73 Sinjai Barat Kabupaten Sinjai sebanyak 23 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan pemberian tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan
yaitu Analisis data dalam penelitian ini
dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan
membandingkan hasil pengamatan, pemberian tugas dengan
indikator-indikator pada tahap refleksi dari siklus penelitian. Data yang
terkumpul disetting ke dalam penelitian kualitatif.
Hasil yang diperoleh murid kelas IV SDN
No.73 Sinjai Barat Kabupaten Sinjai secara umum mengalami peningkatan hasil belajar
IPA dengan menggunakan pendekatan
keterampilan proses dengan
memperhatikan aspek-aspek yaitu: (a) meningkatnya hasil pembelajaran IPA dengan
menggunakan pendekatan
keterampilan proses, (b) pemahaman tentang pendekatan keterampilan proses meningkat, sedangkan
untuk guru yaitu (a) membiasakan untuk selalu menggunakan pendekatan dalam memberikan materi
pelajaran, (b) melatih murid untuk aktif dalam belajar.
Bab 1
Bab 2
Bab 3
Bab 4
Bab 5
Depannya
Lampiran-lampiran
silahkan disedot gan jangan lupa coment
0 komentar:
Posting Komentar